Homiletika 1

WHAT IS HOMILETIC

Homiletika berasal dari kata Yunani “Homilia” yang punya arti dasar; perundingan, penguraian atau khotbah. Homiletika dapat didefinisikan sebagai berikut; Ilmu Berkhotbah atau pelajaran berbicara di hadapan orang banyak supaya pokok yang disampaikan dapat disajikan dengan cara yang terang, nyata dan berkuasa. Tekanan dalam kata ini adalah bagaimana cara memberitakan pengajaran Kristen secara teratur, sistimatis dan sedap didengar agar pendengar dapat menerima dengan baik serta dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. 

Definisi di atas mengandung dua indikasi yaitu; persiapan bahan khotbah, dan yang utama persiapan menyampaikan khotbah. Itu berarti homiletika adalah sebuah ilmu yang praktis yaitu mempelajari bagaimana cara memberitakan pengajaran Kristen termasuk syarat-syarat dalam mendidik seseorang menjadi seorang pemberita firman yang baik.


WHAT IS PREACHING

  1. Khotbah (Preaching) adalah ketrampilan komunikasi mengenai suatu konsep atau gagasan Alkitabiah yang dapat diambil melalui penafsiran yang benar dari ayat-ayat Alkitab (itu sebabnya pelajaran hermeneutika adalah syarat mutlak bagi orang yang mau belajar homiletika) dan diterapkan melalui kuasa Roh Kudus pada kehidupan pengkhotbah dan pendengar khotbah (Yakobus berkata bahwa iman tanpa perbuatan adalah mati).
  1. Khotbah adalah Firman TUHAN yang diterima, dirasakan dan dilakukan oleh diri sendiri kemudian disampaikan dengan tegas dan nyata, supaya menjadi kesaksian dan jalan keselamatan bagi orang lain.

Homiletik berhubungan dengan Teologi dan Seni,

Berhubungan dengan ilmu, karena dalam sebuah khotbah terdapat unsur teologi, atau yang lebih tepat penafsiran Alkitab, dan,

Berhubungan dengan seni, karena unsur terpenting dalam khotbah, yaitu penafsiran Alkitab juga berkaitan dengan seni. Selain itu penyusunan dan penyampian khotbah juga berhubungan dengan retorika

Retorika adalah seni berpidato, seni ini perlu dikuasai setiap pengkhotbah. Walaupun homiletik berhubungan dengan retorika, tetapi homiletik bukanlah cabang retorika, melainkan cabang teologi. Dengan mempelajari homiletik, diharapkan seorang pengkhotbah dapat menulis naskah khotbah yang rapi berdasarkan Alkitab, lalu menyampaikannya dengan meyakinkan, berwibawa, jelas, dan menarik.
 


Jadi, khotbah adalah salah satu cara yang dipakai untuk mengkomunikasikan pesan. Dalam tradisi Kristen, pesan ini didasarkan pada apa yang tertulis di dalam Alkitab atau yang biasa disebut kabar baik. Dalam bahasa Yunani, kabar baik ini disebut EUANGELION. Alkitab sebagai sumber pemberitaan Firman Tuhan melalui proses. Sehingga khotbah yang disampaikan bukan pemikiran subjektif si pengkhotbah. Pesan dari teks Alkitab itu yang menjadi inti khotbah.

Pesan yang diberitakan itu di dalam bahasa Yunani disebut KERYGMA. Kerygma merupakan pesan dari teks Alkitab yang telah ditafsirkan sebelumnya. Cara mengkomunikasikan khotbah juga berbeda dengan cara komunikasi yang lain. Khotbah di Bukit merupakan salah satu contoh khotbah yang dilakukan oleh Yesus. Khotbah di Bukit juga menjadi salah satu rujukan di dalam etika Perjanjian Baru. Yesus di dalam pemberitaan-Nya tersebut berisi tentang Kerajaan Allah yang akan datang. Khotbah itu pun berisi panggilan atau seruan Yesus kepada setiap orang untuk bertobat. 


Dan Homiletika atau ilmu berkhotbah adalah di bawah disiplin Teologi Praktika.

(Sekilas tentang Teologi Praktika, teologi ini bertugas memikirkan dan melancarkan cara penyampaian iman dalam usaha pemberitaan agar relevan (membumi) dan mengena. dengan kata lain, teologi ini bertugas untuk memikirkan bagaimana Teologi Historika, Teologi Sistimatika & Teologi Biblika  dapat memaknai hidup dan dipahami manusia. Bidang-bidangnya antara lain; Homiletika, Kateketik, Evangelisasi, Misiologi, Pendidikan Kristen, Apologetika, Pertumbuhan Gereja, Manajemen Gereja, Kepemimpinan Kristen, Metode Pekabaran Injil, dll. (pembagian secara umum ini akan saya bahas terpisah)



(bersambung : -Preacher & Preparation-)


 -COFFEE_Hipster's-


Komentar

  1. Puji Tuhan..sangat membantu buat kami untuk belajar dengan jelas..terima kasih banyak-banyak, Tuhan Yesus memberkati anda dengan penuh berkat Ilahi..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MEMPERSIAPKAN KHOTBAH : EKSEGESIS VS EISEGESIS

TUHAN dan "pemulung"